Kesadaran Masyarakat akan Software Asli dan Software Gratis/ Open Source

Written By naufal aulia on Jumat, 31 Agustus 2012 | Jumat, Agustus 31, 2012

Artikel ini saya buat karena adanya untuk tugas TIK di SMAN 8 YK jadi jika kalian teman2 saya di SMA menemui artikel ini dimohon jangan kopas ya... masak 1 sekolah sama semua wkwkwkkk... mari langsung masuk ke pokok bahasan

Software yang biasa disebut dengan perangkat lunak suatu hal yang biasa kita dengar. Software ini bisa terdiri aplikasi, bahasa pemograman, sistem operasi, dan sebagainya. Untuk mendapatkan software sangatlah mudah.Dari website resmi penyedia software atau membeli di toko. Akan tetapi, masyarakat Indonesia melupakan suatu hal yang mendasar dalam software ini,
                 Masyarakat cuma tau kebutuhan saja dan tanpa mau tau tentang lisensi yang menlindungi software. Begitu pula dengan penjual yang memasarkan saja. Mungkin sebagian masyarakat Indonesia sebagai pengguna software  dan penjual sudah tau mengenai lisensi software, akan tetapi masyarakat lebih suka dengan versi gratisnya dengan alasan software asli mahal. seberapa mahal? Memang software asli cukup mahal dan menyentuh angka jutaan tapi kita juga perlu tahu kenapa software asli itu mahal. Sebagai contoh Microsoft dalam mengeluarkan sistem operasinya, yaitu windows  dan windows versi lainnya memerlukan jarak 1 tahun paling cepat sampai 6 tahun paling lama. Dalam pembuatan itu juga kita ketahui tidak sedikit dana yang dikeluarkan. Belum lagi dengan biaya dalam menjalankan perusahaan yang besar seperti gaji pegawai dan sebagainnya. Itu kenapa software asli mahal. Walaupun mahal software asli sangat berguna.
                Walau begitu software favorit masyarakat memang software open source, seperti yang kita tahu Open source software adalah software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada software tersebut. Dan salah satu keunggulannya adalah Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Pada umumnya orang mendapatkan software ini dari internet. Keberadaan open source software ini sangat ditunjang oleh internet. Mula-mula Open source software diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet yang memungkinkan orang lain menggunakan dan memperbaikinya. Dan begitulah seterusnya. oleh karena itu open source software akan terus berkembang dan tidak mungkin ketinggalan jaman. Mungkin Itulah salah satu alasan masyarakat banyak menggunakan software Gratis/ open source.

Ditulis Oleh : naufal aulia ~nofal-sama77

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Kesadaran Masyarakat akan Software Asli dan Software Gratis/ Open Source yang ditulis oleh nofal-sama77 Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: Jumat, Agustus 31, 2012

0 comments:

Poskan Komentar