Alasan Kenapa Android Boros Baterai

Written By naufal aulia on Kamis, 17 Januari 2013 | Kamis, Januari 17, 2013

Setelah kemarin nofal-sama77 posting tentang Download Resident Evil 4 Apk Untuk Android kali ini nofal-sama77 tidak berbagi sebuah game ataupun aplikasi melainkan info pnting buat kalian para penggemar android hehehe.. berapa kali kalian nge-charge android dalam sehari?? satu? dua? tiga? atau lebih ? yupp.. kita para pengguna android pasti sadar jika alat komunikasi tradisional modern ini memang boros baterai, saya pun meng-charge biasanya dua kali dalam sehari jika ON dan untuk nge game pastinya :D nah.. tentu borosnya android itu bukan tanpa alasan, ada beberapa alasan mengapa si Andro ini boros baterai antara lain :



  • Salah satu keunggulan handphone Android adalah selalu “online”. Anda akan mendapatkan notifikasi pesan, data atau informasi baru dari setiap aplikasi yang terinstall di tablet/ hp Android secara instan. Artinya ponsel Android selalu terkoneksi dan melakukan sinkronisasi ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Hal inilah yang paling membuat ponsel Android boros baterai. Kondisi sinyal jaringan telepon yang tidak menentu di Indonesia semakin memperparah daya tahan baterai Android. Kalau sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu sinyal yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses internet, melakukan sinkronisasi, dll.
  • Spesifikasi yang diusung oleh handphone Android di kisaran harga yang sama, pada umumnya lebih tinggi dibanding handphone yang tidak menggunakan sistem operasi maupun dengan handphone yang menggunakan sistem operasi lainnya. Dengan demikian, wajar kalau baterai bekerja ekstra untuk “menghidupi” hardware Android yang tergolong canggih, misalnya untuk menjalankan processor berkecepatan tinggi atau memberi tenaga untuk menyalakan layar sentuh yang lebar, dll.
  • Aplikasi yang terinstall pada handphone Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan kurang baik (bad code). Oleh karena itu, jika Anda menginstall sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut sering hang dan memunculkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut. Aplikasi yang berjalan di background namun masih banyak menggunakan CPU (processor) juga pasti akan membuat baterai boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background namun menghabiskan baterai dapat menggunakan aplikasi bernama “Watchdog Task Manager”
    Selain itu aplikasi-aplikasi, yang menampilkan animasi, misalnya launcher (theme) atau live wallpaper juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU dibuat bekerja untuk menampilkan animasi tersebut.
Itulah beberapa alasan kenapa si android ini sangat boros jika masalah baterai yg saya dapet saat jalan2 muter2 kaskus .. sekian artikel kali ini semoga berguna :D

Ditulis Oleh : naufal aulia ~nofal-sama77

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Alasan Kenapa Android Boros Baterai yang ditulis oleh nofal-sama77 Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: Kamis, Januari 17, 2013

1 comments: